Top 10 Kemampuan yang Harus Dimiliki Akuntan Publik

Finance & Accounting Jul 3, 2023

Keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk menjadi akuntan yang sukses? Jika Anda menjawab 'keterampilan akuntansi' atau 'keterampilan matematika yang solid', Anda hanya setengah benar. Meskipun benar bahwa pengetahuan tentang prinsip-prinsip akuntansi itu penting, keberhasilan dalam pekerjaan kami membutuhkan lebih dari sekadar pendidikan formal dan pengetahuan teknis. Untuk membangun bisnis yang berkembang, Anda juga harus mengembangkan sejumlah soft skills yang memungkinkan Anda melayani klien dengan lebih baik. Oleh karena itu, pasartrainer.com telah menyusun top 10 kemampuan yang dibutuhkan akuntan publik untuk membantu Anda memberikan nilai lebih kepada klien.

1. Keterampilan Komunikasi Akuntansi

Jangan pernah meremehkan pentingnya keterampilan komunikasi dalam akuntansi. Ingatlah bahwa sebagai pakar keuangan, akuntan publik mengandalkan kemampuan untuk menyampaikan informasi penting secara efektif kepada klien Anda. Ini termasuk mendidik mereka tentang undang-undang perpajakan, merangkum kinerja bisnis mereka, dan memberitahu mereka tentang kewajiban keuangan mereka.

Dalam banyak kasus, informasi yang Anda sajikan melibatkan banyak fakta dan angka yang dapat membingungkan orang jika mereka tidak memiliki latar belakang keuangan. Untuk itu, Anda harus dapat mengkomunikasikan informasi kompleks dengan cara yang menarik dan dapat diterima oleh klien Anda.

2. Keterampilan Membangun Hubungan

Pentingnya membangun hubungan klien tidak bisa dilebih-lebihkan. Sebagai bisnis berbasis layanan, kemampuan untuk terhubung dengan klien dalam jangka panjang berdampak langsung pada kesuksesan Anda. Untuk alasan ini, akuntan publik harus mengasah keterampilan membangun hubungan mereka. Sementara itu, ingatlah bahwa membangun hubungan bukanlah aktivitas satu kali saja; itu adalah sesuatu yang Anda lakukan dalam jangka panjang. Untuk itu, terus perbarui profil klien Anda dan pastikan untuk memeriksa secara teratur untuk memastikan setiap klien memenuhi kebutuhan khusus mereka.

3. Keterampilan Manajemen Waktu

Waktu sangat penting saat Anda menjalankan kantor akuntan publik. Ada banyak tanggal penting untuk dilacak, termasuk jadwal pengajuan pajak, periode perpanjangan izin, dan tenggat waktu penyerahan dokumen. Anda mungkin juga perlu menyulap banyak klien dan tugas, jadi Anda harus menganggarkan waktu Anda dan memastikan semuanya selesai. Tetap di atas semua tugas ini membutuhkan keterampilan manajemen waktu yang kuat. Perhatikan waktu yang Anda miliki dan kapasitas harian atau mingguan Anda, lalu susun hari-hari Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat memenuhi semua tenggat waktu dan kewajiban Anda.

4. Keterampilan Layanan Pelanggan

Memprioritaskan layanan pelanggan sangat penting untuk setiap bisnis akuntansi. Memastikan pendekatan Anda terhadap hal ini berpusat pada klien akan membantu upaya retensi klien menjadi lebih lancar dan dapat memperkuat hubungan klien baru dan yang sudah ada.

5. Kemampuan Analisis

Sebagai seorang akuntan publik, Anda akan melakukan banyak analisis. Anda mungkin perlu menuangkan dokumen keuangan untuk menentukan cara mengoptimalkan arus kas untuk klien. Dalam beberapa kasus, Anda perlu menganalisis metrik seperti penjualan, margin, dan pengeluaran untuk dapat mengusulkan tindakan yang dapat membuat klien Anda lebih menguntungkan. Semua hal ini membutuhkan kemampuan analisis yang kuat. Anda perlu melihat melampaui permukaan laporan dasar untuk melihat tren dan memunculkan wawasan yang bermanfaat.

6. Kemampuan Mengorganisir

Akuntan yang sukses sangat terorganisir. Memiliki keterampilan organisasi yang solid akan memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda dan membangun tingkat kepercayaan dan profesionalisme yang lebih tinggi dengan klien Anda. Dengan demikian, Anda harus mengasah keterampilan organisasi Anda dan mengembangkan kemampuan untuk melacak banyak bagian bergerak dari bisnis Anda dan bisnis klien Anda. Bagian dari melakukan ini terletak pada pembuatan sistem untuk melacak dan mengatur informasi. Adopsi sistem pengarsipan digital yang membuat dokumen Anda teratur dan pertimbangkan untuk menggunakan platform manajemen klien yang menyimpan semua detail pelanggan Anda.

7. Keterampilan Teknologi

Sebagai seorang akuntan publik yang melayani bisnis saat ini, mengikuti perkembangan ini sangat penting. Diatur dengan cara Anda dan bersikeras pada proses berbasis kertas tidak akan membantu Anda dengan baik. Jadi, berusahalah untuk mengembangkan keterampilan teknologi Anda. Pelajari dasar-dasar perangkat lunak akuntansi dan pajak dan terus perbarui diri Anda dengan inisiatif digital negara bagian dan lembaga pemerintah.

8. Pemecahan Masalah Kreatif

Kreativitas di bidang akuntansi tidak ada hubungannya dengan menjadi artistik. Sebaliknya, ini semua tentang menjadi kreatif dengan pemecahan masalah dan strategi bisnis Anda. Saat memenuhi kebutuhan klien Anda misalnya, terkadang Anda perlu berpikir di luar kotak. Kreativitas juga akan membantu Anda mengembangkan praktik akuntansi Anda. Dengan lanskap yang semakin kompetitif dari sebelumnya, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran atau periklanan yang unik untuk membedakan diri Anda dan itu membutuhkan imajinasi dan visi yang cerdas.

9. Perhatian Terhadap Detail

Tidak ada ruang untuk menebak saat Anda menyiapkan pajak klien atau melakukan layanan pembukuan seperti mengelompokkan biaya. Hal-hal ini harus dilakukan untuk huruf; jika tidak, Anda berisiko mengalami konsekuensi serius. Berorientasi pada detail memungkinkan Anda untuk menjamin keakuratan pekerjaan Anda, sehingga memastikan bahwa klien Anda tetap mematuhi peraturan bisnis dan pajak.

10. Mencintai Proses Belajar

Industri keuangan tidak stagnan. Hukum terus berkembang, plus selalu ada alat dan solusi baru yang masuk ke pasar. Semua ini untuk mengatakan bahwa pembelajaran dan pendidikan adalah konstan dalam profesi akuntansi. Menghargai proses pembelajaran akan membantu Anda dengan baik dalam hal ini. Jika Anda suka mempelajari hal-hal baru, Anda akan lebih mudah mengikuti perkembangan terbaru di bidang Anda. Belum lagi, memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru secara teratur akan membuat Anda tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Pasartrainer.com memiliki ribuan pelatihan akuntan publik dan kemampuan-kemampuan lain yang relevan untuk kebutuhan profesi tersebut. Segera kunjungi situs pelatihan terbaik kami dan temukan pelatihan yang tepat untuk Anda maupun perusahaan Anda!

Referensi

OU Online. (2021). 10 Best Accounting Skills. Online Blogs. Diakses pada 9 Juni 2023 dari: https://www.ottawa.edu/online-and-evening/blog/july-2021/10-best-accounting-skills

Pilcher, R., & Gilchrist, D. (2019). Public Sector Accounting, Accountability and Governance: Globalising the Experiences of Australia and New Zealand. UK: Routledge

SolveXia. (2022). 15 Crucial Skills of An Accountant: Succeed & Improve. Diakses pada 9 Juni 2023 dari: https://www.solvexia.com/blog/15-crucial-skills-of-an-accountant

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.