10 Hal Pentingnya Risk Management Training

Risk Management Mar 3, 2023

Pelatihan manajemen risiko diperlukan untuk semua profesional yang membantu mengelola risiko eksposur organisasi mereka. Ini dapat mencakup individu yang bekerja sebagai manajer risiko, agen pencegahan kerugian atau petugas keselamatan. Mempelajari tentang risk management training dapat membantu seseorang untuk memutuskan apakah menyelesaikan pelatihan semacam itu akan berguna untuk karirnya. Dalam artikel ini, kami membahas definisi pelatihan manajemen risiko, menjelaskan mengapa pelatihan ini penting, membuat daftar topik yang biasanya disertakan dalam pelatihan tersebut, dan memberikan daftar peran yang mungkin bermanfaat dari menyelesaikan jenis pelatihan ini.

Cek Disini Pelatihan Risk Management untuk Perusahaan Anda

1. Apa Itu Pelatihan Manajemen Risiko?

Pelatihan manajemen risiko adalah proses pembelajaran para profesional tentang bagaimana mengelola risiko perusahaan. Ini termasuk memberikan pemahaman tentang cara menangani berbagai jenis cedera terkait pekerjaan, masalah keamanan siber, pelanggaran privasi, dan tindakan pencegahan yang dapat membantu mengurangi risiko paparan. Manajer risiko sering menyelesaikan jenis pelatihan ini sebelum bekerja di lingkungan profesional dalam peran tersebut.

2. Mengapa Risk Management Training penting?

Pelatihan manajemen risiko penting karena membantu para profesional mengurangi paparan mereka terhadap risiko terkait bisnis, yang dapat meningkatkan upaya menghasilkan laba dan membatasi penipisan pendapatan. Risk management training juga penting karena juga dapat membantu para profesional menentukan jenis risiko mana yang paling penting bagi organisasi untuk diidentifikasi dan difokuskan upaya mitigasi risikonya pada risiko spesifik tersebut. Manajer risiko dapat menggunakan pelatihan ini untuk mengidentifikasi berbagai cara untuk mengurangi risiko dan memberikan solusi tentang cara mengelolanya.

3. Manfaat Ilmu Manajemen Risiko

Berikut ini merupakan ragam manfaat dari penerapan ilmu manajemen risiko:

Ø Meningkatkan kesadaran akan risiko di seluruh organisasi;

Ø Lebih percaya diri dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi karena risiko diperhitungkan dalam strategi;

Ø Kepatuhan yang lebih baik dan lebih efisien dari karyawan terhadap peraturan dan mandat kepatuhan internal karena kepatuhan dikoordinasikan;

Ø Meningkatkan efisiensi operasional melalui penerapan proses dan kontrol risiko yang lebih konsisten;

Ø Meningkatkan keselamatan dan keamanan tempat kerja bagi karyawan dan pelanggan; Dan

Ø Menjadi pembeda secara kompetitif di pasar.

4. Proses Manajemen Risiko

Disiplin manajemen risiko telah menerbitkan banyak kumpulan pengetahuan yang mendokumentasikan apa yang harus dilakukan organisasi untuk mengelola risiko. Salah satu sumber yang paling terkenal adalah standar ISO 31000, yang berisikan tentang pedoman manajemen risiko, yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization, sebuah badan standar yang umumnya dikenal sebagai ISO. Proses manajemen risiko lima langkah ISO terdiri dari yang berikut dan dapat digunakan oleh semua jenis entitas:

Ø Identifikasi risikonya.

Ø Menganalisis kemungkinan dan dampak masing-masing.

Ø Memprioritaskan risiko berdasarkan tujuan bisnis.

Ø Perlakukan (atau tanggapi) kondisi risiko.

Ø Pantau hasil dan sesuaikan seperlunya.

5. Tantangan Manajemen Risiko

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh tim manajemen risiko:

Ø Membutuhkan perangkat lunak dan biaya pelayanan yang mahal di awal.

Ø Harus mencapai konsensus tentang tingkat keparahan risiko dan cara menanganinya bisa menjadi latihan yang sulit dan kontroversial dan terkadang menyebabkan kelumpuhan analisis risiko.

Ø Mendemonstrasikan nilai manajemen risiko kepada para eksekutif tanpa bisa memberi mereka angka pasti.

6. Implementasi Manajemen Risiko

Rencana manajemen risiko menjelaskan bagaimana organisasi akan mengelola risiko yang mungkin akan dihadapinya. Hal ini menjabarkan elemen-elemen seperti pendekatan risiko organisasi, peran dan tanggung jawab tim manajemen risiko, sumber daya yang akan digunakan untuk mengelola risiko, kebijakan dan prosedur. Proses tujuh langkah ISO 31000 adalah panduan yang berguna untuk diikuti. Berikut adalah ikhtisar dari komponen-komponennya:

Ø Komunikasi dan konsultasi. Yaitu sebuah langkah yang menentukan keputusan risiko di setiap tingkatan. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengenali sekaligus memanfaatkan risiko positif dan meminimalkan risiko negatif.

Ø Membangun konteks. Yaitu sebuah langkah yang digunakan untuk pendefinisian selera risiko unik dan toleransi risiko organisasi.

Ø Identifikasi risiko. Yaitu sebuah langkah untuk menentukan skenario risiko yang dapat berdampak positif atau negatif terhadap kemampuan organisasi untuk menjalankan bisnis.

Ø Analisis risiko. Yaitu sebuah tindakan yang dilakukan untuk menganalisis kemungkinan dan dampak dari setiap risiko dengan memberikan gambaran visual yang nyata.

Ø Evaluasi risiko. Di sinilah organisasi menentukan bagaimana menanggapi risiko yang mereka hadapi. Teknik ini mencakup satu atau lebih dari hal berikut: (1) penghindaran risiko, (2) mitigasi risiko, (3) pembagian atau transfer risiko, (4) penerimaan risiko.

Ø Perawatan risiko. Langkah ini melibatkan penerapan kontrol dan proses yang telah disepakati dan memastikan bahwa kegiatan yang dijalankan bekerja sesuai rencana.

Ø Pemantauan dan peninjauan. Yaitu sebuah langkah untuk meninjau dan mengontrol jalannya sebuah kegiatan yang dilakukan agar tidak melenceng dari tujuan awal.

7. Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Manajer Risiko

Pelatihan manajemen risiko tentunya dilakukan dengan mengacu pada serangkaian kebutuhan kemampuan manajer risiko. Oleh karena itu, dalam risk management training, profesional akan dibekali beberapa kemampuan penting sebagai berikut:

Ø Komunikasi & Public Speaking

Ø Keterampilan memecahkan masalah

Ø Pemikiran analitis

Ø Pengetahuan keuangan

Ø Pengetahuan tentang hukum, peraturan dan standar

Ø Kepemimpinan

Ø Manajemen waktu

8. Pihak-Pihak yang Wajib Mengikuti Pelatihan Manajemen Risiko

Adapun para pihak yang memiliki kewajiban untuk mengikuti pelatihan manajemen risiko adalah sebagai berikut:

Ø Manajer risiko

Ø Petugas keamanan

Ø Petugas keuangan

Ø profesional sumber daya manusia

Ø Manajer dan supervisor

Ø Pengusaha

9. Panduan Manajemen Risiko

Dalam ISO 31000 terdapat 11 prinsip yang harus diterapkan dalam manajemen risiko, dimana kegiatan tersebut harus:

Ø Menciptakan nilai bagi organisasi;

Ø Menjadi bagian integral dari keseluruhan proses organisasi;

Ø Faktor dalam proses pengambilan keputusan perusahaan secara keseluruhan;

Ø Secara eksplisit mengatasi setiap ketidakpastian;

Ø Sistematis dan terstruktur;

Ø Didasarkan pada informasi terbaik yang tersedia;

Ø Disesuaikan dengan proyek;

Ø Memperhitungkan faktor manusia, termasuk potensi kesalahan;

Ø Transparan dan inklusif;

Ø Beradaptasi dengan perubahan; Dan

Ø Terus dipantau dan diperbaiki.

10. Batasan Manajemen Risiko

Kegagalan manajemen risiko sering dikaitkan dengan kesalahan yang disengaja, kecerobohan besar, atau serangkaian peristiwa malang yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh jurnalis teknologi George Lawton dalam pemeriksaannya tentang kegagalan manajemen risiko yang umum terjadi, manajemen risiko yang salah lebih sering disebabkan oleh kesalahan langkah yang dapat dihindari dan pengejaran keuntungan secara run-of-the-mill atau terlalu agresif dan penuh Kesia-siaan. Oleh karena itu, praktik manajemen risiko haruslah tertib dan sesuai peraturan, mengedepankan prinsip efisiensi dan ketahanan, dijalankan secara transparan, memiliki banyak teknik analisis, serta pengendalian ilusi atau angan-angan tentang risiko.

Referensi:

Alenzo, J. (2023). Training Risk Management. Value Consult. Diakses dari: https://valueconsulttraining.com/operation-training/risk-management/

Enhaii Mandiri 186. (2022). ISO 31000:2018 - Risk Management Training. Diakses dari: https://enhaiimandiri.com/service/iso-31000-2018-risk-management-training#:~:text=Pelatihan%20Risk%20Management%2C%20adalah%20sebuah,timbul%20dari%20kegiatan%20operasional%20perusahaan.

Indeed Editorial Team. (2022). What Is Risk Management Training? (Definition and Skills). Indeed. Diakses dari:

https://www.indeed.com/career-advice/starting-new-job/risk-management-training#:~:text=Risk%20management%20training%20is%20the,can%20help%20reduce%20exposure%20risks.

Sofi, B. B., Mulyati, H., Soeboer, D. A. (2021). Risk Management of Training Services in PT MMK. Binus Business Review, 12(3), 211-223.

https://doi.org/10.21512/bbr.v12i3.6619

Tucci, L. (2023). What Is Risk Management And Why Is Tt Important? Tech Target. Diakses dari:

https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/What-is-risk-management-and-why-is-it-important

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.