10 Langkah Efektif Membangun UMKM Online yang Sukses

Digital Marketing May 21, 2023

Dengan pesatnya pertumbuhan eCommerce, memulai bisnis online untuk mendapatkan aliran pendapatan lain menjadi semakin populer. Faktanya, menjadikan UMKM Anda online memiliki banyak manfaat, termasuk biaya yang lebih rendah dan skalabilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bisnis fisik atau konvensional. Anda memerlukan rencana bisnis yang solid dan strategi pemasaran untuk mengubahnya menjadi bisnis jangka panjang yang menguntungkan.

Teruslah membaca karena pasartrainer.com akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk yang berkaitan dengan cara membuat umkm online dan membagikan tip untuk menjadikannya sukses. Mari kita mulai dengan mengeksplorasi mengapa merupakan ide bagus untuk memulai bisnis online Anda sendiri hari ini.

1. Melakukan Riset Pasar

Langkah terpenting dalam memulai bisnis adalah menentukan audiens target Anda. Untuk mencapai ini, Anda perlu melakukan riset pasar. Melakukan hal itu akan memvalidasi ide bisnis Anda, menunjukkan apakah ada permintaan untuk produk yang ingin Anda jual secara online atau tidak. Selain itu, cara membuat UMKM online juga harus memperhatikan platform apa yang paling populer dan sering digunakan oleh orang-orang, sehingga Anda tahu harus fokus ke platform e-commerce mana dan media sosial apa serta bagaimana cara menjual produk dengan tepat pada konsumen.

2. Periksa Kompetisi

Memeriksa persaingan usaha sangat penting bagi suatu bidang usaha. Semakin ketat persaingan di dunia digital, maka harus semakin cerdas manajemen pemasaran digitalnya. Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan melihat secara langsung traffic jual beli yang ada pada suatu toko online. Selain itu, Anda juga dapat menjadi customer mereka untuk memeriksa sendiri produk yang dijual oleh pesaing yang paling laku agar Anda juga tahu selera populer orang-orang.

3. Pilih Model Bisnis Anda

Sebelum memulai bisnis online Anda, penting untuk mempertimbangkan bagaimana membuatnya menguntungkan. Model bisnis membantu Anda menentukan produk dan layanan, target pasar, dan pengeluaran Anda, sehingga Anda dapat menghitung harga dengan lebih akurat untuk meningkatkan profitabilitas. Berikut adalah model bisnis online yang paling umum untuk dipertimbangkan:

·   Business-to-Business (B2B), yaitu perusahaan menjual produk atau layanan mereka ke bisnis lain. Contohnya termasuk bisnis konveksi ke penjual toko.

·  Business-to-Consumer (B2C), dalam transaksi ini, perusahaan menjual barang dan jasanya langsung ke konsumen. Misalnya toko buku online dan makanan ringan.

·   Consumer to Business (C2B) – jenis ini melibatkan individu yang menjual produk atau layanan kepada perusahaan. Affiliate marketing, blogging, dan freelancing adalah contoh C2B yang terkenal.

·   Consumer-to-Consumer (C2C) – konsumen menjual barang dan jasa ke konsumen lain, biasanya melalui pasar online seperti Facebook, Instagram, Shopee, Tokopedia, dan platform-platform jual beli lain yang populer.

4. Menentukan Izin Usaha dan Hukum

Tidak seorang pun di dunia ini dapat memprediksi UMKM mana yang akan berhasil dan akan gagal, terlepas dari statusnya sebagai promotor atau bisnis yang telah sangat terkenal di masa lalu. Apalagi di dunia digital yang memungkinkan pelaku UMKM mengeksplorasi pasar seluas-luasnya. Oleh karena itu, cara membuat UMKM online yang profesional, aman dan dilindungi oleh hukum harus sangat diperhatikan. Dalam hal ini, Anda perlu mengurus surat-surat izin usaha dan hak kekayaan intelektual secara tertib dan disiplin.

5. Dapatkan Domain dan Paket Web Hosting

Setelah Anda mempelajari langkah-langkah mengembangkan ide bisnis online yang baik dan mematuhi peraturan, sekarang saatnya merencanakan situs web bisnis Anda. Langkah pertama adalah membeli paket hosting web dan nama domain. Carilah faktor-faktor ini saat Anda memutuskan untuk membeli paket hosting:

·     Keramahan pengguna

·     Kompatibilitas

·     Ruang dan bandwidth

·     Kecepatan dan pengoptimalan

·     Keamanan

Idealnya, nama domain Anda harus pendek dan unik. Hindari penggunaan angka dan tanda hubung, agar pengunjung lebih mudah mengingat alamat website Anda.

6. Buat Situs Web

Cara membuat UMKM online yang kredibel berikutnya yaitu dengan membuat domain dan paket web hosting. Domain dan paket web hosting adalah toko digital yang mampu menampung banyak gambar produk, harga, dan deskripsinya secara aman seperti halnya toko fisik. Perbedaannya adalah toko digital melalui website dapat dipersonalisasi dan memberikan pelayanan tanpa antrian, sedangkan toko fisik harus diurus satu persatu.

7. Buat Konten yang Ramah SEO

Pencarian organik menjadi sumber lalu lintas situs web yang bagus. Oleh karena itu, meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) situs web Anda sangat penting untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin telusur.

Mesin pencari memberi peringkat situs berdasarkan beberapa faktor, termasuk kualitas konten. Oleh karena itu, terapkan praktik SEO terbaik untuk strategi konten Anda. Gunakan alat SEO seperti Semrush atau Ahrefs untuk menganalisis kata kunci dengan volume tinggi dan menyebarkannya di konten Anda. Selain itu, pertimbangkan untuk mencocokkan kata kunci dengan maksud penelusuran untuk meningkatkan peluang Anda menarik calon pelanggan.

8. Bangun Kehadiran Media Sosial

Selain SEO, cara membuat UMKM online selanjutnya yaitu menggunakan strategi pemasaran digital lainnya seperti pemasaran media sosial. Melakukan hal itu akan membantu menumbuhkan basis pelanggan Anda dan terlibat dengan audiens target Anda. Dengan banyaknya platform media sosial populer seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan Twitter, Anda harus memilih yang paling cocok untuk bisnis Anda. Buatlah beberapa akun media sosial untuk menjangkau audiens target Anda dengan lebih baik. Namun, ini akan memakan waktu lebih lama.

9. Ikuti Program Pelatihan

Mengikuti program pelatihan dan sertifikasi pemasaran digital tentu akan memberikan Anda keuntungan yang beragam. Misalnya seperti yang ada pada pasartrainer.com, dimana situs tersebut banyak menawarkan cara membuat UMKM online secara parsial, spesifik dan efektif oleh para trainer yang ahli di bidangnya.

10. Manfaatkan Pemasaran Email

Pemasaran email adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan Anda, membangun loyalitas pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Anda dapat melakukannya dengan membagikan kode diskon, penawaran khusus, dan buletin, serta mengumpulkan umpan balik dari pelanggan baru dan yang sudah ada. Jangan lupa untuk melacak metrik untuk melihat kinerja email Anda. Mengetahui kebutuhan pelanggan Anda akan membantu Anda meningkatkan keseluruhan strategi bisnis dan meningkatkan penjualan.

Tertarik untuk mengetahui cara membuat UMKM online lebih lanjut? Kunjungi situs pasartrainer.com untuk menemukan berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang dapat menunjang performa usaha Anda!

Referensi

iProspect. (2022). 7 Cara Membuat UMKM Online Paling Mudah. Pijar Mahir. Diakses pada 5 Mei 2023 dari:

https://pijarmahir.id/blog/news/7-cara-membuat-umkm-online-paling-mudah

Tashia, T., & Nadia, D. (2023). How to Start an Online Business That Makes Money in 10 Steps. Hostinger Tutorials. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://www.hostinger.com/tutorials/how-to-start-an-online-business

Team Money+. (2022). Mudah dan Cepat! Ini 5 Cara Membuat UMKM Online. Money+. Diakses pada 5 Mei 2023 dari:

https://blog.amartha.com/mudah-dan-cepat-ini-5-cara-membuat-umkm-online/

Yuanita, C. (2022). Panduan Daftar UMKM Online Mulai dari Perizinan Hingga Pencairan BLT 2022. Ekrut Media. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://www.ekrut.com/media/daftar-umkm-online

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.