8 Tips supaya Siap jadi Accounting Profesional

Finance & Accounting Dec 7, 2023

Accounting atau akuntansi adalah bidang kerja yang berkaitan dengan berbagai perhitungan dan pencatatan keuangan. Profesi ini pun diperlukan untuk berbagai sektor, misalnya perusahaan, instansi pemerintah, hingga organisasi. Ternyata, ada berbagai tips atau cara yang dapat mendukung kamu  untuk siap jadi accounting profesional.

Setiap pekerjaan memiliki tips atau langkahnya tersendiri jika ingin menjadi seorang profesional. Hal ini juga berlaku untuk dunia kerja akuntansi, mari simak berbagai tips berikut!

Tips supaya Siap jadi Accounting Profesional

Karena seorang akuntan dibutuhkan di berbagai sektor, maka profesi yang satu ini pun cukup populer dan memiliki ranah kerja cukup luas. Tugas utama dari seorang akuntan biasanya berkisar pada pembuatan laporan keuangan, sehingga kamu perlu menguasai berbagai skill untuk mendukung pekerjaan yang satu ini.

Untuk dapat menjadi profesional di bidang ini, maka ada berbagai tips yang bisa kamu lakukan. Inilah berbagai tips penting untukmu supaya siap jadi accounting profesional.

Miliki Gelar Akuntansi

Tips pertama yang juga merupakan langkah paling umum untuk menjadi seorang akuntan profesional yaitu dengan memiliki gelar akuntansi, misalnya dengan belajar di perguruan tinggi. Di sana, kamu akan diajarkan berbagai hal dan dimulai dari materi tentang basic accounting. 

Kamu bisa mendaftar di perguruan tinggi dan memilih jurusan akuntansi, sehingga nantinya akan menjadi sarjana akuntansi.

Dengan latar belakang pendidikan yang mendukung, maka berbagai perusahaan atau instansi akan lebih melirik kamu. Prospek kerja di bidang akuntansi pun akan lebih mudah untuk tercapai dengan gelar tersebut.

Jika kamu bisa memasuki kampus ternama, baik di dalam maupun luar negeri, maka akan lebih baik lagi.

Ikuti Kegiatan yang Terkait Akuntansi

Ketika sedang berkuliah atau menempuh pendidikan akuntansi, maka ada baiknya kamu secara aktif mengikuti berbagai kegiatan yang terkait dengan bidang kerja akuntansi.

Dengan modal kegiatan tersebut, maka kamu bisa lebih mudah dalam mengisi resume yang terkait dengan akuntansi. Hal ini pun dapat membantumu nantinya dalam mencari pekerjaan dalam bidang akuntansi.

Magang di Bidang Akuntansi

Selain mencari kegiatan organisasi dan sejenisnya, kamu juga sebaiknya mengambil magang di bidang akuntansi. Ini merupakan langkah awal yang tepat untuk lebih mengenal tentang dunia kerja, khususnya akuntansi.

Selain dapat menjadi catatan yang dimasukkan ke dalam resume, magang juga dapat menjadi jalur untuk membangun berbagai relasi kerja ke depannya.

Untuk dapat mengetahui tentang kualifikasi magang, kamu dapat melakukan konsultasi bersama dosen atau pembimbing.

Ikuti Program Pelatihan dan Sertifikasi

Selain berbagai lembaga pendidikan formal seperti sekolah atau kampus, kamu juga bisa mempelajari dan mendalami ilmu akuntansi dengan melalui program pelatihan serta sertifikasi.

Dengan berbagai pelatihan yang mendukung bidang kerja akuntan, maka kamu akan lebih siap jadi accounting profesional. Berbagai sertifikasi yang terkait pun dapat menambah kepercayaan terhadap kemampuanmu.

Pahami Pentingnya Bersikap Jujur

Salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang akuntan yaitu sikap jujur. Hal ini berarti kamu perlu memberikan laporan keuangan yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, serta tidak memiliki niat buruk untuk memanipulasi data atau melakukan tindakan kecurangan tertentu.

Maka dari itu, pembiasaan sikap jujur dapat dimulai dari berbagai hal yang dilakukan sehari-hari, supaya nantinya terbiasa untuk tetap jujur di dunia kerja.

Biasakan Diri untuk Bersikap Teliti

Seorang akuntan akan bertanggung jawab untuk berbagai pencatatan keuangan, termasuk tentang cashflow.

Salah satu sikap penting yang perlu dimiliki dalam profesi yang satu ini yaitu teliti. Kamu akan menghitung berbagai detail nominal uang, sehingga ketelitian menjadi aspek yang sebaiknya dibiasakan sejak awal jika ingin mendalami profesi ini.

Kamu dapat membiasakan ketelitian untuk berbagai hal, misalnya untuk mengatur keuangan pribadi, mengatur pekerjaan rumah, dan sebagainya. Dengan pembiasaan untuk bersikap teliti ini, maka kamu pun bisa semakin siap jadi accounting profesional.

Miliki Sikap Konsisten

Sikap selanjutnya yang perlu dibiasakan jika ingin menjadi akuntan profesional yaitu konsisten. Dalam profesi ini, Kamu akan dituntut untuk mengerjakan berbagai hal secara konsisten, misalnya dalam penggunaan metode, format penyajian laporan, satuan ukuran, dan sebagainya.

Sikap konsisten ini sebaiknya dibiasakan sejak dini, sehingga tidak kaget ketika nantinya memasuki bidang kerja yang satu ini.

Biasakan Disiplin

Selanjutnya, sikap disiplin juga penting untuk menjadi akuntan yang profesional. Hal ini adalah sebuah karakter penting yang dapat mendukung sikap konsistensi dan teliti.

Jika menjadi seorang akuntan yang profesional, perhitungan sekecil apapun perlu diperhatikan dengan baik. Selain itu, perlu juga memahami dan menaati prosedur, aturan, serta berbagai standar yang berlaku.

Setelah membaca berbagai tips di atas, maka tentunya kamu telah lebih terbayang apa saja yang perlu dilakukan jika berniat untuk masuk ke dunia akuntansi. Pada dasarnya, setiap profesi memang memerlukan persiapan, sehingga kamu bisa lebih siap untuk terjun ke dalamnya.

Salah satu hal yang dapat membuat kamu semakin siap jadi accounting profesional yaitu dengan mengikuti program pelatihan yang berkaitan dengan bidang akuntansi. Kamu bisa memilih berbagai jenis program Pelatihan Akuntansi melalui PasarTrainer. Jangan tunda lagi, segera dapatkan pelatihan yang akan mendukung skill-mu!


Referensi

bakai.uma.ac.id - 10 Tips Untuk Menjadi Akuntan Profesional
ppmschool.ac.id - Cara Menjadi Akuntan Profesional
www.jurnal.id - 8 Karakter Dasar Untuk Menjadi Seorang Akuntan Terbaik

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.