Sering Dengar, Tapi Gak Tau Artinya. Inilah SEO!

Technology Jul 24, 2023

Jika Anda sering menonton Podcast di Youtube, konten edukatif TikTok dan media sosial lainnya, Anda tentu sering mendengar para konten kreator tersebut menyebutkan kata SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berfungsi untuk mengoptimalkan pencarian pada situs web yang bertugas untuk melakukan penjelajahan dengan kata kunci penggunanya. SEO digunakan hampir di seluruh media internet di era digital kini. Simak terus ulasan pasartrainer.com berikut untuk belajar lebih detail tentang SEO!

Apa Itu SEO?

SEO, juga dikenal sebagai Search Engine Optimization, terkait erat dengan pemasaran online, meskipun memiliki seperangkat aturan dan strategi uniknya sendiri. Ini adalah bagian penting dari bisnis apapun saat ini karena membantu konten mereka ditemukan ketika calon pelanggan mencari apa yang perusahaan tersebut tawarkan. Tujuan SEO adalah membuat bisnis Anda muncul di hasil mesin pencari sehingga dapat ditemukan orang. Jika Anda ingin peringkat lebih tinggi, tujuan SEO adalah memastikan orang menemukan konten Anda terlebih dahulu. Jika mereka menemukan situs web Anda melalui hasil yang diberikan oleh Google, Bing, dan mesin pencari utama lainnya, kemungkinan besar Anda akan diperhatikan oleh pengunjung yang mencari produk atau layanan Anda.

Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web atau blog Anda, dan meningkatkan konversi dengan riset kata kunci dan memilih teknik pembuatan konten yang sesuai. Anda dapat menjalankan bisnis Anda sebagai pemula dengan alat dan layanan SEO yang tepat, mendapatkan konten terbaik di situs web Anda, lalu menggunakan komunitas untuk mempelajari cara membuat lebih banyak konten yang disukai orang.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Mesin pencari memainkan banyak pekerjaan di SEO. Mereka merayapi internet dan mencari apa pun yang ingin diindeks oleh penyedia mesin pencari, dan kemudian membuat indeks dari semua yang dapat mereka temukan. Perayap mesin pencari mengikuti tautan internal di dalam situs web dan tautan di berbagai situs web. Bot melihat konten di halaman Anda (termasuk URL, tag judul, judul, tautan, dan lainnya) untuk memahami isi setiap halaman.

Dikombinasikan dengan pemahaman mesin telusur tentang konten Anda, faktor-faktor ini mengubah indeks menjadi peringkat untuk berbagai penelusur (disebut juga "kueri"). Semakin banyak konten otoritatif berkualitas tinggi yang Anda buat untuk situs web Anda, semakin banyak mesin telusur akan mempercayai Anda sebagai otoritas pada topik tersebut, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk muncul di hasil penelusuran.

On Page SEO VS Off Page SEO

Sebenarnya ada banyak jenis SEO. Namun, dalam hal aktivitas SEO, dua jenis utama adalah SEO on-page dan SEO off-page. SEO on-page mengacu pada tindakan yang Anda lakukan di situs web Anda untuk meningkatkan peringkatnya. Ini termasuk pembuatan konten, penggunaan kata kunci, penggunaan judul yang tepat, deskripsi meta, dan URL. Sementara itu SEO off page mengacu pada tindakan yang Anda lakukan di luar situs web Anda untuk meningkatkan peringkatnya di SERP. Ini termasuk hal-hal seperti membangun backlink, blogging tamu, dan pemasaran media sosial.

BH SEO Dan WH SEO

BH SEO adalah singkatan dari Black Hat Search Engine Optimization. Jenis SEO ini bertujuan untuk memberi Anda keuntungan cepat, biasanya dengan menambahkan banyak kata kunci ke situs Anda dan menggunakan situs web non-penerbit sebagai sumber backlink. Jenis strategi SEO ini tidak lebih dari metode spam berkualitas rendah untuk menentukan peringkat. BH SEO dengan sengaja memanipulasi visibilitas konten mereka dalam hasil pencarian atau posting di media sosial, dengan menipu atau melanggar perjanjian pengguna, atau mencoba mempermainkan sistem.

Sementara itu WH SEO adalah singkatan dari White Hack Search Engine Optimization. WH SEO adalah cara membangun bisnis online yang berkelanjutan. Ini pengoptimalan mesin telusur dengan tujuan spesifik. Jika Anda melakukan SEO dengan cara ini, situs web Anda akan dibangun untuk orang, bukan untuk mesin pencari.

3 Pilar SEO

Meskipun diketahui bahwa SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang fungsinya adalah mengoptimalkan mesin penelusuran, namun SEO juga memiliki 3 pilar utama sebagai berikut:

1)  Kata Kunci

Kata kunci adalah kata dan frasa yang digunakan orang untuk mencari informasi secara online. Dengan memahami kata kunci mana yang relevan dengan bisnis dan pelanggan Anda, Anda dapat membuat konten yang lebih mungkin ditemukan oleh mereka yang menelusurinya. Ada berbagai cara untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk strategi SEO Anda. Salah satunya adalah menciptakan persona pembeli, yang merupakan representasi semi-fiktif dari pelanggan ideal Anda. Setelah Anda memahami persona pembeli Anda, Anda dapat melakukan brainstorming kata kunci ekor pendek dan panjang yang berhubungan dengan kebutuhan, minat, poin rasa sakit, kekhawatiran, dan pertanyaan mereka.

2)  Konten

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci yang tepat, Anda dapat mulai membuat konten yang dioptimalkan untuk kata kunci tersebut. Konten ini harus berkualitas tinggi, informatif, dan relevan dengan audiens target Anda. Itu juga harus ditulis dengan baik dan menarik, sehingga orang ingin membacanya sampai selesai. Pemasaran konten adalah cara yang bagus untuk menarik orang ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat SEO Anda.

3)  Optimasi Website

Anda telah melakukan penelitian dan membuat konten Anda. Sekarang apa? Pilar terakhir dari strategi SEO adalah Optimasi Situs Web. Pengoptimalan situs web adalah istilah luas yang mengacu pada SEO teknis dan praktik SEO di halaman yang berfungsi untuk mendapatkan halaman web dalam bentuk terbaik untuk Google. Ini termasuk menyusun konten dengan benar, menggunakan tajuk, judul, teks alternatif, pengoptimalan untuk seluler, dan mengatur waktu pemuatan.

Tertarik untuk mempelajari SEO lebih lanjut? Kunjungi pasartrainer.com dan dapatkan penawaran terbaik untuk melengkapi ikhtisar pengetahuan Anda!

Referensi

Adoptante, H. A. G. (2022). What is SEO and How Does It Work ? Socialyy. Diakses pada 20 Juli 2023 dari: https://www.socialyy.com/seo/what-is-seo-and-how-does-it-work/

Cyberclick. (2023). Search Engine Optimization: What Is SEO? Definition, Advantages, and Examples. Cyberclick Academy. Diakses pada 20 Juli 2023 dari: https://www.cyberclick.net/seo

Davey, M. (2022). What is SEO and How Does It Work? Blue Frontier. Diakses pada 20 Juli 2023 dari:

https://www.bluefrontier.co.uk/company/blog/item/what-is-seo-and-how-does-it-work

Rogers, A. (2022). What Is SEO Marketing? Definition, Importance, and Types (2023). Marketing. Diakses pada 20 Juli 2023 dari: https://www.shopify.com/blog/seo-marketing

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.