Treasury Management, Pengertian Dan Detail Tugas

Finance & Accounting Jul 21, 2023

Apakah Anda ingin mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana operasi keuangan Anda dikelola? Jika demikian, treasury management atau manajemen keuangan mungkin tepat seperti yang Anda butuhkan. Dalam perusahaan, bidang treasury adalah kumpulan solusi yang dirancang untuk membantu organisasi keuangan menjaga likuiditas dan arus kas sambil meminimalkan risiko. Dengan memahami apa itu manajemen keuangan dan berbagai strategi yang dapat membantunya, Anda akan dapat memastikan bahwa tim keuangan Anda memanfaatkan sumber daya mereka sebaik mungkin. Oleh karena itu, pada artikel kali ini pasartrainer.com bermaksud memberikan gambaran dan penjelasan singkat mengenai apa itu treasury management di perusahaan secara umum.

Apa itu Treasury Management?

Intinya, treasury adalah semua tentang pengelolaan uang dan sumber daya organisasi. Treasury berfokus pada pemahaman peluang untuk pengoptimalan dan pengelolaan risiko keuangan sambil mempertimbangkan peraturan dan persyaratan kepatuhan. Tujuan pengelolaan treasury adalah pengoptimalan modal kerja, memastikan kecukupan likuiditas, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya yang terkait dengan kegiatan pembiayaan.

Treasury management menyediakan berbagai cara untuk membantu organisasi menilai dampak aktivitas perusahaan terhadap struktur modal mereka serta berbagai opsi strategis untuk mengoptimalkan operasi dan investasi saat ini. Cara yang dimaksud yaitu peramalan arus kas, pendanaan utang & strategi lindung nilai, hingga teknik manajemen risiko seperti lindung nilai valuta asing atau swap suku bunga dan produk derivatif lainnya. Solusi lain termasuk strategi pasar modal seperti lindung nilai mata uang, portofolio investasi, dan platform perdagangan untuk ekuitas atau derivatif seperti kontrak berjangka atau opsi.

Jenis-Jenis Treasury Management

Treasury adalah komponen penting dalam pengelolaan uang di semua perusahaan. Kegiatan ini melibatkan penggunaan sumber daya secara efisien dan efektif untuk mengelola arus kas dan mengoptimalkan likuiditas, kredit, dan mengelola risiko. Dengan kata lain, ini memberikan cara yang efisien untuk menghasilkan pendapatan sambil memitigasi risiko keuangan. Ada beberapa jenis manajemen keuangan yang dapat digunakan bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Kas

Jenis yang paling umum adalah manajemen kas, yang mencakup transaksi sehari-hari yang berdampak pada arus kas bisnis. Manajemen kas adalah kegiatan pengelolaan finansial termasuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan dan melakukan pembayaran kepada pemasok tepat waktu. Manajemen kas juga melibatkan peramalan kebutuhan arus kas masa depan sehingga tersedia cukup uang untuk operasi.

2. Manajemen Kredit

Jenis lainnya dari treasury adalah manajemen kredit, di mana bisnis mengelola jumlah utang yang mereka ambil. Manajemen kredit melibatkan pengelolaan piutang sehingga bisnis dapat dibayar dengan cepat oleh pelanggan, serta hutang sehingga mereka dapat terus membayar pemasok tepat waktu sambil membatasi paparan pinjaman yang belum dibayar atau beban bunga. Manajemen kredit juga memerlukan analisis yang cermat terhadap peringkat kredit dan menilai kelayakan kredit sebelum mengambil kewajiban hutang baru.

3. Manajemen Investasi

Manajemen investasi adalah jenis lain yang melibatkan penempatan dana berlebih ke dalam investasi dengan tujuan pengembalian yang baik untuk memaksimalkan keuntungan atau menstabilkan aliran pendapatan pada saat ketidakpastian ekonomi. Pilihan investasi termasuk investasi pada saham atau obligasi, reksa dana, dana lindung nilai atau komoditas seperti emas atau perak. Strategi investasi harus dinilai secara berkala untuk memastikan tujuan investasi terpenuhi atau jika perubahan harus dilakukan untuk keuntungan lebih lanjut di masa depan.

4. Manajemen Likuiditas

Manajemen likuiditas difokuskan untuk memastikan bahwa dana yang cukup selalu tersedia untuk memenuhi kewajiban. Kegiatan ini melibatkan peramalan kebutuhan likuiditas jangka pendek, menginvestasikan kelebihan uang tunai ke dalam investasi jangka pendek seperti pasar uang dan surat utang negara serta menggunakan kontrak derivatif seperti swap suku bunga atau kontrak berjangka untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko suku bunga.

5. Manajemen Modal

Manajemen modal menginvestasikan kelebihan dana ke dalam investasi jangka panjang seperti pasar ekuitas atau sekuritas pendapatan tetap untuk menghasilkan pengembalian dalam jangka panjang. Manajemen modal juga berfokus pada pembiayaan utang yang melibatkan penerbitan obligasi korporasi atau mengambil pinjaman untuk membiayai proyek-proyek ekspansi.

6. Manajemen Risiko Keuangan

Manajemen risiko keuangan adalah praktik mitigasi berbagai risiko keuangan termasuk risiko pasar dari perubahan suku bunga, fluktuasi mata uang atau pergeseran harga komoditas; risiko operasional seperti kegagalan proses internal atau kesalahan; risiko kredit yang terkait dengan potensi gagal bayar oleh pelanggan; dan risiko hukum yang berasal dari peraturan pemerintah atau litigasi. Dengan memahami setiap jenis manajemen perbendaharaan, Anda akan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi terkait keuangan Anda yang akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Kunci Keberhasilan Treasury Management

Mengelola treasury atau kegiatan perbendaharaan organisasi bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang canggih untuk menjadi sukses. Dari memperkirakan arus kas hingga mengelola investasi dan risiko, peran dan tanggung jawab manajemen keuangan bisa sangat berat. Tetapi memahami fungsi utama dari pekerjaan penting ini dapat membantu memastikan kesehatan keuangan organisasi Anda.

1. Peramalan Arus Kas

Menggunakan data historis, proyeksi, dan tren pasar, bendahara agar dapat mengantisipasi pengeluaran dan pendapatan selama periode waktu tertentu yang dapat membantu mencegah pembayaran yang terlewat atau pembayaran tak terduga yang membebani sumber daya keuangan.

2. Pengelolaan Investasi

Tugas manajemen treasury adalah bidang yang membutuhkan keahlian khusus. Hal ini dikarenakan orang-orang tersebut harus mampu mendiversifikasi portofolio di kelas aset yang berbeda serta menggunakan strategi seperti lindung nilai dan arbitrase bila diperlukan.

3. Manajemen Risiko

Manajer harus selalu mampu menilai potensi risiko yang terkait dengan berbagai investasi mulai dari kondisi pasar saham hingga perubahan suku bunga dengan akurat.

4. Hubungan Perbankan

Treasury adalah bidang yang bertanggung jawab untuk melakukan kerjasama dengan bank. Oleh karena itu, analisis perjanjian dengan bank untuk mendapatkan akses ke likuiditas, layanan valuta asing, solusi pembiayaan perdagangan, dan lainnya harus selalu teliti.

5. Protokol Keamanan

Departemen keuangan harus memiliki serangkaian prosedur terperinci untuk menangani aset, memastikan bahwa protokol ini ditinjau dan diperbarui secara berkala sesuai kebutuhan untuk menunjang keamanan finansial perusahaan.

6. Kepatuhan & Peraturan

Mengetahui jenis formulir pemerintah apa yang perlu diajukan dan dalam keadaan apa mereka harus diajukan dengan tenggat waktu tertentu.

Jika Anda tertarik untuk memperdalam ilmu tentang treasury management, kunjungi pasartrainer.com atau klik link berikut ini untuk mendapatkan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan Anda!

Referensi

Admin. (2021). Treasury Operation. GPS. Diakses pada 11 Juli 2023 dari: https://gendhisconsultant.com/2021/07/09/treasury-operation/

Asokan, N. (2023). How Does Treasury Management Work In A Company. AGICAP. Diakses pada 11 Juli 2023 dari: https://agicap.com/en/article/what-is-treasury/

Pusdiklatbimtek. (2022). Cash Flow And Treasury Management. Pusat Diklat Bimtek. Diakses pada 11 Juli 2023 dari:

https://pusatdiklatbimtek.com/cash-flow-and-treasury-management/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.