Food Safety: Pengertian, Tujuan, dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Food & Beverage Jan 18, 2024

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah food safety atau keamanan pangan? Inilah salah satu keamanan yang sangat perlu dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia kuliner.

Sebenarnya, apa maksud dari keamanan pangan ini? Lalu, apa saja tujuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan keamanan ini? Intip penjelasan selengkapnya dalam artikel ini dan kamu  juga bisa mempelajarinya lebih dalam melalui pelatihan terkait!

Apa itu Food Safety?

Keamanan pangan adalah jenis ilmu yang mempelajari dan membahas tentang berbagai pengolahan pangan. Hal ini dimulai dari persiapan, penanganan, hingga penyimpanannya.

Dengan adanya keamanan ini, maka makanan atau berbagai bahan bakunya bisa terlindungi dengan baik dan terhindar dari berbagai jenis kontaminasi.

Pada dasarnya, keamanan pangan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tingkat kesehatan orang-orang yang mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini dikarenakan apa yang dimakan atau diminum akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh manusia.

Misalnya, jika memakan hidangan yang sudah terkontaminasi bakteri, maka bisa saja tubuh menjadi sakit karena serangan dari bakteri tersebut.

Tujuan Food Safety

Sebelumnya, telah disinggung mengenai tujuan dari keamanan pangan, yaitu untuk melindungi dari berbagai jenis kontaminasi. Berikut adalah berbagai tujuan penting dari adanya keamanan pangan:

Mencegah Kontaminasi Fisik

Pertama, mencegah adanya kontaminasi fisik, yaitu masuknya benda asing ke dalam minuman atau makanan. Contoh benda yang mungkin masuk ke sana adalah plastik, rambut, logam, debu, kuku, dan sebagainya.

Mencegah Kontaminasi Biologis

Kedua, mencegah kontaminasi biologi, maksudnya adalah kontaminasi dari berbagai zat yang diproduksi oleh makhluk hidup. Contohnya, zat dari manusia, hama, dan tikus.

Mencegah Kontaminasi Kimia

Ketiga, untuk mencegah adanya kontaminasi kimia yang berasal dari berbagai jenis bahan kimia. Misalnya, pestisida, herbisida, serta obat-obatan yang digunakan untuk hewan ternak.

Selain itu, kontaminasi kimia juga bisa berasal dari berbagai sumber lainnya, misalnya polusi udara, air, dan tanah. Adanya zat aditif tertentu bisa memberikan risiko bagi bahan pangan atau makanan jadi yang sudah siap dikonsumsi.

Mengurangi Potensi Terserang Penyakit

Dengan adanya pencegahan terhadap berbagai kontaminasi di atas, maka kamu  bisa mengurangi potensi terserang penyakit.

Pada dasarnya, fungsi penting dari keamanan pangan yaitu untuk mencegah berbagai risiko penyakit yang muncul dari makanan sehari-hari.

Perhatikan Berbagai Hal Ini untuk Food Safety

Dalam menjaga keamanan pangan, ada banyak hal yang bisa dilakukan, di bawah ini adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dengan serius.

Pemilihan Bahan Baku atau Bahan Dasar

Hal penting yang pertama yaitu tentang pemilihan bahan baku atau bahan dasar untuk memproduksi makanan atau minuman. Kamu perlu memilih bahan baku terbaik yang aman dari berbagai kontaminasi.

Jadi, usahakan bahwa bahan baku yang digunakan adalah jenis bahan yang telah terlindungi dari berbagai zat kontaminasi.

Proses Penyimpanan Bahan Baku

Masih berkaitan dengan bahan baku, setelah proses pemilihan bahan, proses penyimpanannya pun perlu diperhatikan dengan baik. Proses ini menjadi penting karena sangat berpengaruh terhadap baik atau tidaknya kualitas bahan baku.

Apabila tidak baik dalam hal penyimpanan, maka bisa saja bahan baku yang tadinya bagus menjadi berkurang kualitasnya. Jika kurang memperhatikan penyimpanan, maka bisa saja bahan tersebut tercemar bakteri atau zat kontaminasi lainnya.

Selain itu, bisa juga berdampak terhadap kerusakan mekanis, misalnya mengalami gesekan, benturan, tekanan, dan sebagainya. Hal tersebut dapat menurunkan kualitas bahan baku, atau bahkan bisa menimbulkan risiko kesehatan tertentu.

Proses Pengolahan

Termasuk dalam food safety, inilah tahap dimana bahan baku atau bahan mentah dari makanan tertentu diubah menjadi makanan yang siap untuk dimakan.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengolahannya, tergantung dari bagaimana cara mengolahnya. Namun, hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik adalah kebersihan dalam setiap tahapnya.

Penyajian Makanan

Ketika akan menyajikan makanan, maka penting untuk memperhatikan kelayakannya untuk dikonsumsi. Pastikan bahwa makanan tersebut sudah diuji secara klinis dan dinilai layak.

Selain itu, wadah penyajiannya pun perlu diperhatikan, pastikan bahwa tidak ada zat kontaminasi atau benda asing, karena ini dapat mengurangi tingkat kebersihan makanan.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kamu telah memahami apa yang dimaksud dengan keamanan pangan. Ternyata, hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena dapat mencegah berbagai kontaminasi yang bisa berbahaya untuk makanan yang dikonsumsi.

Maka dari itu, keamanan pangan perlu sangat diperhatikan bagi setiap bisnis atau perusahaan yang berkecimpung di dunia kuliner. Dengan adanya perhatian ini, maka produk makanan atau minuman yang dijual pun akan semakin aman untuk dikonsumsi.

Pengetahuan tentang keamanan pangan juga bisa menjadi modal penting bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan yang berhubungan dengan industri kuliner, sehingga tidak ada salahnya jika ingin belajar secara lebih dalam tentang hal ini.

Jika ingin belajar lebih dalam tentang hal ini, atau mungkin perusahaan kamu  perlu mengikuti program pelatihan tentang food safety, maka Pasar Trainer bisa menjadi solusi tepat. Kamu   bisa memilih berbagai jenis pelatihan Food & Beverage yang ada di sana!


Referensi

www.isomanajemen.com - Food Safety Adalah
www.unilever.co.id - Pentingnya Food Safety agar Makan Enak Tetap Aman
prodiaohi.co.id - Food Safety dalam Industri

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.